Wednesday, February 13, 2008

samPaH oh samPah...diRty

Tadi malem saia ngobrol sama teman kakak saia. Jauh-jauh di london. Saia cuma di sini. Hiks. Kemudian saia mengeluhkan kalo di Indonesia Raya negara tercinta tanah air ini masih banyak orang-orang yang engga peduli sama penyapu jalanan, sama pengguna jalanan yang lain juga. Saia kisahkan kejadian tentang kulit rambutan itu.
Untung saja waktu itu saia tidak mengeluarkan serbuan makian yang kejam dan mungkin engga bakal didengar.

Saia tanya,,apa engga ada misi bersih-bersih tanah airku indonesia??
**Terus katanya sih, enakan dipasang aja kamera cctv kayak di gedung-gedung itu.Tapi sama aja kalo instrumen pengawasan dan pemeliharaan engga ada.
Lah saia bilang lagi..kan bisa dicuri kameranya. Sering juga dirusak kalo dipasang di tiang-tiang.
**Terus dijawab lagi, dipasang aja di tiang yang tinggi. Biar gag dicuri
Lalu saia bilang lagi..kan pencuri di sini pinter-pinter.

Yep. Kenapa sih orang-orang engga bisa jaga lingkungan. Paling engga jangan buang sampah sembarangan gitu. Merugikan. Coba kalo waktu itu pas kena muka atau kepala saia lalu saia kaget dan nabrak gimana coba??? (naudzubillah.....) Bahaya kan??
Please deh..apa sih beratnya naruh sampah di kantong plastik ato ditaruh apa dulu kek lalu pas turun dari bis atau mobil baru ditaruh di tong sampah.
Padahal ya...
Saia kagum dengan salah satu teman saia waktu itu. Saia mau menyeberang jalan dan dia baru turun dari bis. Saat itu mau sama-sama ke kampus. Setelah dia turun lalu dia meletakkan sebuah kertas di trotoar tempat tanaman. Melepaskan belalang kecil. Dan...mengambil kertas itu lagi, menyimpannya di dalam tas. Oh...mulia sekali. Bisa engga sih sedikit aja bisa mencontoh dari dia??
Sampah kan engga susah nyimpennya. Tinggal ditaruh aja. Lalu sampe nemu tong sampah baru dibuang. Gampang kan??

Sebenarnya semua itu hanya berawal dari kebiasaan aja. Nah...itu yang harus dibiasakan dari kecil. Di jepang aja, anak kecil diajarin memisahkan jenis-jenis sampah. Jadi engga keliru naruh sampahnya dimana. Memudahkan pengolahan daur ulangnya.

Lhah...kenapa kita engga contoh yang baik-baik dari negara lain??

Bersih..

Enak dilihat.

Engga kumuh.

nice kan....

Ayolah ..... jangan buang sampah sembarang tempat lagi yah. Biar engga merugikan saia, kamu, dan kita semua.

=D

No comments:

Post a Comment